Tingkatkan Layanan Publik, Perpusnas RI dan Ombudsman RI Jalin Nota Kesepahaman

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jakarta - Perpustakaan Nasional RI dan Ombudsman RI menjalin kesepahaman bersama (memorandum of understanding/MoU) untuk meningkatkan kapasitas layanan publik. Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando bersama Ketua Ombudsman Amzulian Rifai secara daring pada Kamis (5/11/2020).

Kesepahaman bersama antara dua lembaga negara ini menyangkut sembilan aspek, di antaranya pencegahan maladministrasi, penanganan pengaduan masyarakat, pertukaran data dan/atau informasi, pengembangan sumber daya manusia di bidang perpustakaan dan kepustakawanan sesuai standar nasional perpustakaan, pengembangan sistem TIK, perluasan jejaring perpustakaan melalui pengembangan pangkalan data katalog induk nasional (KIN) dan repositori digital indonesia OneSearch (IOS), pemanfaatan sumber informasi dan koleksi perpustakaan, penyelenggaraan pertemuan ilmiah penelitian dan publikasi dalam bidang perpustakaan, hingga penghimpunan data dan pelestarian karya cetak dan karya rekam.

Dalam sambutannya, Syarif Bando menyatakan komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, Syarif Bando menegaskan komitmennya menjadikan Perpusnas sebagai parameter dalam percaturan perkembangan ilmu pengetahuan di dunia internasional dan pusat penyebaran informasi ilmu pengetahuan untuk dimanfaatkan oleh masyarakat. Ini bisa dicapai melalui beragam layanan berbasis digital yang dimiliki oleh Perpusnas seperti repositori digital Indonesia OneSearch (IOS), perpustakaan digital iPusnas, hingga jurnal perpustakaan digital online (e-resources).

"Pada kesempatan yang baik ini melalui MoU dengan Ombudsman, kami ingin membangun komitmen bahwa seluruh prasyarat, pranata yang dipersyaratkan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, kami siap untuk melanjutkan itu sampai ke desa-desa, dengan segala keterbatasan," jelasnya.

Sementara itu, Amzulian Rifai mengapresiasi kinerja Perpusnas, khususnya Kepala Perpusnas. Menurutnya, Perpusnas sudah berupaya untuk meningkatkan kualitas perpustakaan di Indonesia supaya sejajar dengan perpustakaan di negara maju. "Saya banyak mendapatkan penjelasan-penjelasan, maka makin kuat saya yakin bahwa jajaran Perpustakaan Nasional Republik Indonesia itu sudah berupaya untuk memajukan perpustakaan di negara kita supaya sejajar atau malah lebih baik dengan perpustakaan-perpustakaan di negara-negara utama di dunia ini," urainya.

Dia berharap melalui kesepahaman bersama, Perpusnas siap mengembangkan fasilitas bacaan baik berupa perpustakaan atau pojok baca di seluruh kantor Ombudsman di Indonesia. Selain itu, dia menekankan agar tidak hanya pembangunan fisik yang dilakukan tapi juga meningkatkan minat baca sesuai dengan perkembangan teknologi.

Reporter: Hanna Meinita

Fotografer: Raden Radityo

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Copyright 2022 © National Library Of Indonesia

Number of visitor: NaN