Kepala Perpusnas Resmikan Gedung Layanan Perpustakaan Bone

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Bone, Sulawesi Selatan--Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando meresmikan gedung layanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bone, Senin (1/11/2021). Perpustakaan tersebut dibangun dengan menggunakan bantuan dana alokasi khusus (DAK) bidang perpustakaan senilai Rp10 miliar.

Gedung layanan perpustakaan daerah ini berlokasi di kawasan Watampone Green Epicentrum (WAGE) yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman Watampone. Letaknya strategis menyatu dengan ruang terbuka hijau WAGE.

Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando menyampaikan pembangunan perpustakaan ini, merupakan salah satu tindak lanjut kebijakan Presiden Joko Widodo dalam rangka mendukung peningkatan SDM unggul menuju Indonesia maju.

"Apa yang dilakukan oleh Bupati Bone dengan membangun perpustakaan, menjadi investasi yang besar dalam peningkatan kualitas SDM di Kabupaten Bone," ujar Syarif Bando.

Dikatakan, perpustakaan menjadi bagian dari ruang terbuka untuk semua masyarakat. Keberadaan perpustakaan, lanjut Syarif, bukan hanya sebagai penjaga peradaban melainkan pencipta peradaban.

"Kami berharap infrastruktur yang sudah disiapkan ini dapat bermanfaat dan menjadi ikon peradaban masyarakat Bone," ungkapnya.

Syarif Bando mengatakan, fenomena perkembangan teknologi informasi harus disikapi sebagai tantangan sekaligus peluang. Khususnya dalam upaya pengembangan perpustakaan yang mengalami perubahan paradigma.

"Paradigma perpustakaan saat ini telah berubah. Perpustakaan tidak lagi berisi tumpukan buku berdebu, tetapi perpustakaan sebagai transfer pengetahuan dalam berbagai bentuk melalui berbagai media," katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi gedung perpustakaan termegah di Provinsi Sulawesi Selatan ini. Dia berharap dengan hadirnya perpustakaan akan menciptakan SDM unggul.

"Saya yakin masyarakat Bone bila diberi akses dapat bersaing dan berpacu dengan yang lain. Dengan fasilitas ini saya harap akan melahirkan pemimpin yang kuat secara moral maupun kepemimpinan untuk membangun kemashlahatan oranng banyak," tuturnya.

Plt Gubernur Sulsel ini menyarankan agar perpustakaan-perpustakaan yang ada di daerah Sulsel dapat mengangkat potensi kearifan lokal yang ada di wilayahnya.

"Perpustakaan yang di daerah ini dapat melihat perpustakaan unggulan di Indonesia. Seperti, di bidang pertanian, Dinas Perpustakaan bisa melihat perpustakaan yang ada di IPB," ungkap dia.

Bupati Bone Andi Fahsar M. Padjalangi mengakui bahwa dengan membudayakan kebiasaan membaca dapat meningkatkan sumber daya manusia yang menjadi tolok ukur majunya suatu bangsa.

Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten Bone berkomitmen untuk memberikan dukungan dalam pelaksanaan pelayanan perpustakaan kepada masyarakat, dengan pendirian gedung layanan perpustakaan.

"Masyarakat dapat menggunakan fasiliitas yang ada di perpustakaan secara gratis tanpa biaya. Diharapkan dengan adanya gedung layanan perpustakaan ini dapat meningkatkan minat membaca masyarakat Bone," katanya.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemkab Bone melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dalam meningkatkan kegemaran membaca dan membangun literasi. Diantaranya, pemerataan layanan perpustakaan, menambah koleksi buku dan literatur perpustakaan, serta meningkakan kualitas layanan perpustakaan.

Acara ini dirangkaikan penyerahan penghargaan dari Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando kepada Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Bupati Bone Andi Fahsar M. Padjalangi, dan Kepala Perpustakaan Desa Usa Kec. Palakka sebagai Juara Harapan III Lomba Perpustakaan Umum Terbaik tingkat Nasional Tahun 2021 Klaster A.

Pada kesempatan yang sama, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman kepada Bupati Bone Andi Fahsar M. Padjalangi dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bone Andi Mappangara sebagai apresiasi atas dedikasi dan upaya dalam peningkatan pembudayaan kegiatan membaca di wilayah kerjanya.

Plt Gubernur Sulsel juga menyerahkan bantuan pojok baca digital dan bantuan aplikasi mandiri program transparansi perpustakaan berbasis inklusi sosial pada 20 perpustakaan. Sekaligus penyerahan bantuan Al Quran sebanyak 1.000 eksemplar kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bone.

Reporter: Wara Merdeka/Rosy Ardriyani

Fotografer: Rosy Ardriyani

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN