Altaf, Perwakilan dari DI Yogyakarta Raih Juara Satu Lomba Bertutur Tingkat SD/MI

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Sawah Besar, Jakarta – Altaf Jaddan Adzaro, perwakilan dari Provinsi DI. Yogyakarta berhasil meraih juara pertama dalam Lomba Bertutur Bagi Siswa-Siswi Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tingkat Nasional Tahun 2024, yang diselenggarakan Perpusnas, 17-20 September 2024.

Altaf berhasil meraih juara satu dengan membawakan kisah "Ki Ageng Paker" yang mengisahkan tentang seseorang yang memiliki hobi memelihara binatang. Siswa kelas 5 ini mengaku senang dengan peringkat yang diraihnya. "Senang rasanya bisa mendapat juara satu," ujarnya usai pengumuman pemenang Lomba Bertutur Siswa Siswi Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tingkat Nasional Tahun 2024, Jumat (20/9/2024).

Altaf mengaku dirinya mempersiapkan diri selama tiga bulan untuk mengikuti lomba tingkat nasional ini. Dia pun berharap ke depannya dapat menjadi pendongeng Indonesia. "Cita-cita saya ini banyak, tetapi saya berharap bisa menjadi pendongeng nasional," ungkapnya yang hobi membaca buku.

Juara kedua diraih Anna Bella Prayfa Christina Subakti dari Jawa Barat yang membawakan kisah "Nyi Rengganis dan Taman Banjarsari". Anna mengaku mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba selama sebulan dengan didampingi dari perwakilan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Barat dan ibuknya. "Saya senang bisa menjadi orang pertama yang membawa nama Jawa Barat di tingkat nasional," ujarnya.

Juara ketiga diraih oleh Maulidina Maalikal Mulki dari Jawa Tengah. Perempuan dari Banjarnegara ini merasa senang dapat berpartisipasi dalam lomba tingkat nasional.

"Saya berharap dapat terus konsisten belajar dan menjadikan ini sebagai pembelajaran untuk masa depannya. Cita-cita saya menjadi pendongeng," katanya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) Adin Bondar menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh peserta, pendamping, serta pihak terkait yang telah mendukung kegiatan ini.

"Kalian semua adalah pemenang karena telah berani tampil dan menunjukkan bakat yang luar biasa. Jadikan pengalaman ini sebagai motivasi untuk terus belajar dan berkembang," katanya.

Dia berharap agar seluruh peserta menjadi generasi hebat yang siap menyongsong bonus demografi Indonesia Emas 2045.

"Kegiatan ini akan terus kami lakukan secara masif. Kami harapkan bapak ibu kepala sekolah, guru, dan orang tua untuk terus mendampingi anak-anak kita agar prestasi mereka terus berkembang," harapnya.

Berikut daftar pemenang Lomba Bertutur Bagi Siswa-Siswi Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tingkat Nasional Tahun 2024:

Juara 1                  : Altaf Jaddan Adzaro (DIY. Yogyakarta)

Juara 2                  : Anna Bella Prayfa Christina Subakti (Jawa Barat)

Juara 3                  : Maulidina Maalikal Mulki (Jawa Tengah)

Harapan 1             : Muhammad Alex Adhiasta Maulana Ibra

Harapan 2             : Afrah Naila Arkana (Sulawesi Selatan)

Harapan 3             : Elvara Inggis Prakoso (Nusa Tenggara Barat)

 

Favorit                   : Claire Kimberly (Kalimantan Timur)

 

Reporter: Wara Merdeka

Dokumentasi: Ahmad Kemal/Andri TK

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Copyright 2022 © National Library Of Indonesia

Jumlah pengunjung