Diresmikan Kepala Perpusnas, Pengunjung Perpustakaan Kab. Majalengka Meningkat

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Medan Merdeka Selatan, Jakarta- Setelah diresmikan Kepala Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) pada Selasa (04/01/2022), kunjungan pemustaka ke Perpustakaan Kab. Majalengka kian meningkat.

Hal tesebut disampaikan langsung Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Majalengka, Irwan Dirwan saat bertemu Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando, Kamis (27/1/22).

“Terimakasih kehadiran Bapak untuk meresmikan gedung perpustakaan baru di Majalengka membuat kunjungan sangat meningkat. Tadinya hanya sekitar 50 orang perharinya. Sekarang bisa mencapai 300 orang,” sebutnya.

Dirwan mengatakan saat ini kami Perpustakaan Kab. Majalengka tengah menjalin kerja sama dengan beberapa universitas, diantaranya Univesitas Telkom dan Institut Pertanian Bogor.

“Kerja sama ini berfokus pada program Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial salah satunya dengan membuka kelas coding,” imbuh Dirwan.

Namun ditengah upaya kolaborasi tersebut, kurangnya sarana prasarana yang memadai masih menjadi kendala. Dirwan meminta Perpusnas dapat memberikan bantuan sehingga program tersebut dapat berjalan dengan baik.

Tidak hanya itu, untuk mempermudah akses masyarakat dalam menjangkau perpustakaan pihaknya juga sedang menyusun langkah menyiapkan micro library di berbagai tempat di wilayahnya. “Kami ingin membuka micro library karena tidak semua masyarakat kami memiliki akses yang mudah ke perpustakaan. Dan juga seluruh desa di Kab. Majalengka telah memiliki akses internet,” papar Dirwan.

Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando mengatakan dukungan akan senantisa diberikan untuk peningkatan kualitas layanan perpustakaan di daerah. “Perlu diperhatikan juga bagaimana  peningkatan kualitas sumber daya manusia parameternya adalah menciptakan barang dan jasa dengan pemanfaatan perpustakaan,” sebutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sulawesi Utara yang turut hadir menyampaikan kesiapan peresmian gedung perpustakaan baru yang berhasil dibangun menggunakan APBD.

 

Reporter: Eka Purniawati

Fotografer: Robby

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Copyright 2022 © National Library Of Indonesia

Number of visitor: NaN