GPMB Perlu Gandeng Pemimpin Daerah Budayakan Minat Baca Masyarakat

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jakarta - Dalam rangka penguatan budaya literasi masyarakat Indonesia melalui konsolidasi organisasi, Gerakan Pemsyarakatan Minat Baca (GPMB) menyelenggarakan Musyawarah Nasional ke-VII dan Sarasehan Literasi Tahun 2023 di Orchardz Hotel Jakarta, Rabu (4/10/2023).

Sebagai pembina GPMB, Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas), Muhammad Syarif Bando dalam sambutan pembukanya mengatakan kehadiran GPMB dibutuhkan untuk meruntuhkan persepsi atas rendahnya budaya baca di Indonesia.

Hal ini mengingat keberadaan GPMB sebagai organisasi adalah mesin yang menggerakkan program maupun kegiatan pendukung serta penunjang aktivitas minat baca, kegemaran membaca, budaya baca, dan literasi masyarakat Indonesia.

Untuk itu, Kepala Perpusnas mengimbau seluruh pengurus GPMB untuk terus membuat dan merumuskan program terbaru dalam mengawal masyarakat Indonesia agar gemar membaca.

“Bagaimana bisa membudayakan baca di tengah masyarakat? Salah satunya menggunakan stakeholder yang paling fundamental yakni pemimpin daerah,” ucapnya.

Menurutnya tidak ada pemimpin daerah yang ingin gagal dalam memimpin daerahnya, sehingga kualitas sumber daya manusia yang ada harus senantiasa ditingkatkan.

Adapun upaya yang dapat dilakukan oleh para pemimpin daerah ialah menyediakan bahan bacaan yang sesuai dengan potensi yang ada.

“Siapa yang akan menulis buku tentang sumber daya alam, kesenian, kuliner, dan sejarah dari suatu daerah kalau bukan mereka yang berasal dari daerah tersebut? Disitulah peran pemimpin daerah untuk mengarahkan masyarakatnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Syarif Bando menambahkan kelak koleksi buku yang telah ditulis dapat menjadi referensi tambahan bagi masyarakat di perpustakaan setempat.

“Mereka yang sekolah belum tentu baca tapi mereka yang membaca sudah pasti sekolah,” pungkasnya.

Pada kesempatan ini juga diberikan penghargaan Sandya Praditya yang bermakna penghargaan atas kekuatan yang besar.

Penghargaan ini merupakan tanda tertinggi yang diberikan kepada para pegiat literasi yang memiliki inovasi/program memajukan minat baca di daerah yang ada di Indonesia.

Selain itu juga kepada mereka yang telah bekerja secara terus menerus dan memiliki prestasi dalam upaya meningkatkan minat baca bagi masyrakat.

Reporter: Basma Sartika

Fotografer: Aji Anwar

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Copyright 2022 © National Library Of Indonesia

Number of visitor: NaN