Grand Final Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik Kembali Digelar

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jakarta,- Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) kembali menggelar Grand Final Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik dan Lomba Best Practice Perpustakaan Perguruan Tinggi Tahun 2023, pada Selasa (12/9/2023).

Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando menyebut lomba perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik dan Lomba Best Practice Perguruan Tinggi menjadi upaya untuk menunjukkan pentingnya peran perpustakaan di institusi pendidikan.

Menurut Kepala Perpusnas, kompetensi utama alumni institusi pendidikan ada tiga, yaitu sebagai pemikir berkelas dunia, mampu menciptakan lapangan kerja, dan kemampuan meningkatkan harkat dan martabat bangsa melalui pendampingan terhadap masyarakat termarjinalkan

“Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, peran perpustakaan di institusi pendidikan yaitu memastikan anak didik mendapatkan ilmu pengetahuan untuk mengelola sumber daya maupun potensi yang dimiliki dengan inovasi dan kreativitas,” ungkapnya di Hotel Royal Kuningan Jakarta.

Setelah ditiadakan pada 2022, di tahun 2023 ini sebanyak 17 perpustakaan sekolah masuk masuk ke dalam nominasi perpustakaan SMA/SMK/Ma terbaik tahun 2023 dan akan mengikuti penilaian dengan mempresentasikan program-program unggulan perpustakaan sekolahnya.

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya mewujudkan profil perpustakaan sekolah/madrasah rujukan tingkat nasional yang kreatif, inovatif dan adaptif terhadap perubahan.

Pada kesempatan yang sama juga digelar Lomba Best Practice Perguruan Tinggi diikuti oleh 52 Perpustakaan Perguruan Tinggi, dari 16 Provinsi yang terdiri dari 22 Perguruan Tinggi Negeri dan 30 Perguruan Tinggi Swasta.

Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi (PSMPT) Nurcahyono menjelaskan, ajang ini dilakukan untuk memacu peningkatan kualitas layanan perpustakaan perguruan tinggi dengan inovasi dan praktik baik yang teruji dan dapat diterapkan oleh perpustakaan perguruan tinggi lainnya.

Menurut Nurcahyono, sejalan dengan tuntutan perubahan paradigma perpustakaan dari pengelolaan koleksi menjadi transfer knowledge, juga membawa perubahan tata kelola perpustakaan termasuk perpustakaan sekolah maupun perguruan tinggi.

“Peran perpustakaan dalam transfer knowledge inilah perpustakaan di institusi pendidikan bisa menjadi bagian dari diseminasi informasi dan mendukung model-model pembelajaran yang akan sangat membutuhkan kehadiran perpustakaan maupun pustakawan,” imbuhnya.

Penutupan Grand Final Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik dan Lomba Best Practice Perguruan Tinggi Tahun 2023 serta pengumuman pemenang akan digelar Jumat, (15/9/2023) mendatang.

Reporter: Eka Purniawati
Fotografer: Prakas Agrestian

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Copyright 2022 © National Library Of Indonesia

Number of visitor: NaN