Dapat Dana DAK, Literasi di Kabupaten Nias Utara Semakin Bergeliat

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Medan Merdeka Selatan, Jakarta – Setelah memiliki gedung fasilitas layanan perpustakaan, gerakan literasi di Kabupaten Nias Utara semakin bergeliat.

Demikian disampaikan Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu dalam kunjungan kerjanya ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Selasa (24/1/2023).

Bupati menyampaikan, gedung perpustakaan telah memiliki standar yang baik. Meskipun masih diperlukan berbagai pengembangan.

Kabupaten Nias Utara menjadi salah satu penerima bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik subbidang perpustakaan Tahun 2019 untuk pembangunan gedung layanan perpustakaan.

"Sarana standar perpustakaan di Nias Utara sudah bagus meskipun butuh berbagai pengembangan, butuh motivasi agar masyarakat bersemangat," tutur Bupati.

Guna memberikan layanan prima bagi masyarakat, lanjut Bupati, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Utara menginginkan adanya pengembangan atau perluasan pelayanan perpustakaan hingga di tingkat kecamatan.

"Lima desa di Nias Utara mendapat program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, untuk kunjungan literasi dan pelatihan. Ini menjadikan perpustakaan sebagai bentuk sentral di bidang pendidikan," ungkapnya.

Sebagai dukungan pemkab terhadap pengembangan perpustakaan, pihaknya juga telah mengesahkan Perda tentang Perpustakaan, dan juga mengukuhkan bunda literasi.

"Kami mendukung penuh kegiatan perpustakaan dan literasi di Nias Utara, Bahkan kami pun bersinergi dengan pemerintah desa, pendidikan dan UKM," lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga melaporkan terkait bantuan-bantuan Perpusnas yang telah beroperasi untuk melayani masyarakat setempat.

Diantaranya, mobil perpustakaan keliling, motor keliling, dan pocadi. Bahkan di tahun 2023 pihaknya juga mendapatkan bantuan DAK untuk menu TIK senilai Rp 1 Miliar.

Mendengar hal tersebut, Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando mengapresiasi komitmen Bupati terhadap pengembangan perpustakaan di Kabupaten Nias Utara.

Menurutnya, Kabupaten Nias Utara memiliki sumber daya alam yang melimpah. Meski demikian, warga setempat harus mengenal potensi alam yang dimilikinya.

"Salah satunya melalui membaca. Indonesia bangsa dengan sumber daya alam yang melimpah. Bagaimana bisa tahu potensi yang kita punya? lewat buku yang ada di perpustakaan," jelasnya.

Kepala Perpusnas berharap, Pemkab Nias dapat mengembangkan UMKM dengan kolaborasi dengan perpustakaan."Diharapkan ada UMKM yang memang kolaborasi dengan Perpusnas untuk percepatan perkembangan UMKM. Perpustakaan berperan sebagai suporting ilmu pengetahuan dengan menyediakan buku ilmu terapan," harapnya.

 

Reportase: Wara Merdeka

Fotografer: Ahmad Kemal

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Copyright 2022 © National Library Of Indonesia

Number of visitor: NaN