DPRD Kab. Kaur Inginkan Perpustakaan Jadi Sarana Rekreasi Masyarakat

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Salemba, Jakarta—Sarana prasarana yang kurang memadai di perpustakaan Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu menjadi perhatian DPRD setempat. Hal tersebut yang disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kaur, Meridian Taher, saat melakukan kunjungan kerja ke Perpustakaan Nasional, Rabu, (19/6).

“Ruh perpustakaan sebagai gudangnya ilmu dirasa kurang nyata. Kami juga menginginkan perpustakaan bisa menjadi sarana rekreasi bagi semua kalangan, muda maupun tua,” terangnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minta Baca Perpusnas, Dedi Kurniadi, menjelaskan bahwa Perpustakaan Nasional akan terus membina dan mendukung sepenuhnya apa yang sudah disampaikan oleh DPRD Kab. Kaur.
“Secara resmi, Perpustakaan Nasional telah memberikan bantuan berupa mobil perpustakaan keliling pada tahun 2017 yang lalu,” jelasnya.

Dana alokasi khusus (DAK) tahun 2017 untuk pengembangan koleksi juga sudah diberikan kepada Dinas Perpustakaan Kabupaten Kaur sebesar Rp 225 juta.
“Kami berharap bantuan fungsi pengawasan dari dewan agar DAK yang diberikan serius dalam pengerjannya,” imbuh Deni.

Sementara itu, Kepala Bagian Perencanaan Perpusnas, Adin Bondar, menambahkan adanya perubahan paradigma terkait peran penting perpustakaan bagi masyarakat. “Kami berharap semua perpustakaan mendapatkan dukungan anggaran yang berpihak,” kata Adin.

 

Reportase : Eka Purniawati

Fotografer : Ahmad Kemal Nasution

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Copyright 2022 © National Library Of Indonesia

Number of visitor: NaN