Kegiatan Pemantauan dan Evaluasi Terpadu Kebijakan Pengembangan Perpustakaan di Sumatera

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Medan – Pemerintah terus menggalakkan pengembangan perpustakaan daerah melalui Bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Subbidang Perpustakaan. Untuk memastikan keberhasilan kebijakan ini, diadakan kegiatan pemantauan dan evaluasi terpadu di seluruh wilayah Sumatera, yang berlangsung dari tanggal 6 hingga 8 Mei 2024 di Medan.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara, perwakilan Direktur Fasilitasi Dana Perimbangan dan Pinjaman Daerah Ditjen Bina Keuangan Daerah (KEMENDAGRI), perwakilan Direktur Agama, Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian PPN/BAPPENAS, serta Ketua Subpokja Pemantauan dan Evaluasi Program dan Anggaran.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan aksesibilitas perpustakaan di daerah. "Kami ingin memastikan bahwa dana yang dialokasikan melalui DAK Fisik benar-benar digunakan sesuai peruntukannya dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat," ujar Kepala Dinas.

Perwakilan Direktur Fasilitasi Dana Perimbangan dan Pinjaman Daerah dari KEMENDAGRI menambahkan, kebijakan transfer langsung daerah melalui DAK Fisik Subbidang Perpustakaan pada tahun 2024 ini diarahkan untuk memperkuat infrastruktur dan layanan perpustakaan umum. "Kita perlu memastikan bahwa dana yang disalurkan mampu meningkatkan kualitas layanan perpustakaan sehingga mampu mendukung program literasi dan inklusi sosial di masyarakat," katanya.

Sementara itu, Ketua Subpokja Pemantauan dan Evaluasi Program dan Anggaran menjelaskan bahwa kegiatan ini juga mencakup pemantauan pelaksanaan akreditasi dan pendataan perpustakaan. "Kami melakukan evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan DAK Fisik, akreditasi, dan pendataan perpustakaan untuk memastikan bahwa semuanya berjalan sesuai rencana dan mencapai target yang telah ditetapkan," jelasnya.

Selama tiga hari, berbagai sesi diskusi dan presentasi diadakan untuk membahas teknis penyaluran dan reviu APIP pelaksanaan DAK Fisik Subbidang Perpustakaan Tahun 2024. Hasil dari pemantauan dan evaluasi ini akan dijadikan dasar untuk menyusun rekomendasi dan kebijakan lebih lanjut dalam pengembangan perpustakaan di masa mendatang.

Dengan adanya kegiatan pemantauan dan evaluasi terpadu ini, diharapkan perpustakaan di daerah-daerah Sumatera dapat berkembang lebih baik, memberikan layanan yang optimal, dan berkontribusi dalam peningkatan literasi serta inklusi sosial masyarakat.

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Copyright 2022 © National Library Of Indonesia

Jumlah pengunjung