Kepala Perpusnas: IPI Lebih Fokus Tingkatkan Kualitas SDM Perpustakaan di Daerah

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jakarta,- Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando meminta Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) menguatkan fokus pada peningkatan kualitas sumber daya manusia perpustakaan di daerah.

Hal tersebut disampaikan Syarif Bando saat bertemu Ketua Pimpinan Pusat IPI, Syamsul Bahri di Gedung Layanan Perpusnas Medan Merdeka Selatan Jakarta, Jumat (6/1/2022).

“Perpustakaan sudah mulai mendapatkan perhatian sehingga sudah mulai terasa tantangannya. Di dalam negeri khususnya,  saat ini di tingkat desa banyak yangg ingin membangun perpustakaan dan minta diberi dukungan dan difasilitasi baik dari sisi teknis, regulasi, hingga bantuan fisik seperti buku dan lainnya,” ungkapnya.

Akibatnya juga menurut Syarif, jumlah pustakawan semakin hari semakin kurang mengingat jumlah perpustakaan baru yang juga semakin berkembang.

“Kita dipaksa untuk meninggalkan perpustakaan pola lama untuk mempercepat jangkauan ke masyarakat di mana perpustakaan menjangkau masyarakat secara digital. Makanya Perpusnas terus berupaya untuk bertransformasi digital, “ imbuhnya.

Kepala Perpusnas meminta IPI dengan terjun pada peningkatan kualitas SDM di daerah dengan mengadakan berbagai pelatihan di daerah untuk para pengelola perpustakaan, hingga sosialisasi peningkatan indeks literasi masyarakat dan gemar membaca.

Di lain pihak, Syamsul Bahri menjelaskan IPI akan terus mendukung program-program kerja Perpusnas. “Kami juga akan terus menyusun program kerja IPI yang bisa bersinergi dengan program-program Perpusnas dalam pengembangan perpustakaan ke depannya sebagai pusat kegiatan untuk kesejahteraan masyarakat,” jawabnya.

Syamsul menjelaskan IPI telah menetapkan program kerja prioritas salah satunya peningkatan kompetensi pustakawan karena kompetensi SDM menjadi salah satu komponen yang mendukung pelaksanaan program pengembangan perpustakaan. Syamsul menekankan IPI senantiasa meminta dukungan Perpusnas.

Reporter: Eka Purniawati

Fotografer: Andri Tri Kurnia

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Copyright 2022 © National Library Of Indonesia

Number of visitor: NaN