Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik, Pustakawan Diminta Inovatif dan Kreatif

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Salemba, Jakarta-Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) kembali menggelar Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2024.

Sekretaris Utama (Sestama) Perpusnas Joko Santoso menyampaikan pustakawan memiliki peran penting dalam menangani berbagai permasalahan sehari-hari seperti kemiskinan, lingkungan hidup, pendidikan, keamanan dan Kesehatan.

"Sebagai pustakawan terpiilih,diharapkan ada semangat untuk berkontribusi dalam menangani isu-isu tersebut melalui peran mereka sebagai pelayan informasi masyarakat," ungkapnya dalam Pembukaan Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2024 pada Senin (24/6/2024).

Sestama mengatakan kompetisi ini diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi kepada pustakawan atas dedikasi tinggi, disiplin, dan sadar akan tanggung jawab sebagai pelayan jasa informasi kepada masyarakat.

Kegiatan yang diikuti oleh 15 finalis ini, terdiri dari pustakawan yang mencakup berbagai jenis perpustakaan. Diantaranya, perpustakaan umum, perpustakaan sekolah, perpustakaan perguruan tinggi hingga perpustakaan khusus.

"Hal ini menunjukkan bahwa di manapun para pustakawan bekerja, mereka mampu memberikan dampak positif melalui kegiatan yang kreatif dan inovatif," ungkapnya.

Dia menegaskan dalam memberikan pelayanan perpustakaan, penting bagi pustakawan untuk selalu berinovasi dan memiliki kreativitas.

"Orientasi dalam proses pemilihan ini adalah dampak yang dihasilkan dari kerja kreatif dan inovatif para pustakawan. Kita tidak hanya bicara kegiatan konvensional, tetapi juga terobosan-terobosan baru yang menghasilkan dampak nyata," tambahnya.

Melalui kompetisi pustakawan berprestasi ini, lanjutnya, diharapkan lahir pustakawan yang memiliki pandangan inovatif dan mampu memberikan dampak nyata dalam peningkatan daya baca dan literasi masyarakat.

"Harapannya agar inovasi dan terobosan yang dilakukan oleh pustakawan berprestasi ini dapat direplikasi oleh perpustakaan di seluruh Indonesia, baik di daerah maupun di tingkat nasional," jelasnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Pusat Pembinaan Pustakawan Nurcahyono mengatakan Pemilihan Pustakawan Berprestasi ini merupakan ajang yang rutin diselenggarakan oleh Perpusnas. "Bukan hanya berkompetisi, ajang ini sebagai upaya untuk menelusur berbagai inovasi dan kreativitas terkini dari para pustakawan di Indonesia," katanya.

Dia menjelaskan dalam penyelenggaraan Pemilihan Pustakawan Berprestasi Tahun 2024 telah dilakukan selesi awal secara daring dan terpusat di tingkat seleksi. Seleksi dilakukan pada tanggal 20 April s.d 20 Mei 2024, para pendaftar mengirimkan portofolio terbaik mereka melalui laman https://pusbres.perpusnas.go.id/.

"Dari 531 pendaftar, terpilih 15 orang finalis yang akan berkompetisi kembali melalui seleksi wawancara dan presentasi yang mengupas inovasi di bidang perpustakaan yang telah dilakukan serta dampaknya pada masyarakat," jelasnya.

Pengumuman Pemilihan Pustakawan Berprestasi Tahun 2024, Nurcahyono menambahkan akan dilakukan pada 26 Juni mendatang. “Selain mendapatkan uang pembinaan, para pemenang juga mendapatkan apresiasi berupa pelatihan kepustakawanan di Singapore Management University,” imbuhnya.

Dalam penjurian, pihaknya menggandeng para praktisi dan akademisi di bidang perpustakaan, yaitu Dr. Labibah Zain, MLIS  (UIN Sunan Kalijaga), Dra. Titiek Kismiyati, M. Hum. (Asesor Lisensi LSP Pustakawan), Ida Fajar Priyanto, Ph.D. (Universitas Gadjah Mada), Tulus Wulan Juni, S.Sos. (Badan Arsip, Perpustakaan dan Pengolahan Data Kota Makassar), dan Hanna Chaterina George, S.S, M.I.Kom (Asosiasi Pekerja Profesional Informasi Sekolah Indonesia).

 

Reporter : Wara Merdeka

Dokumentasi : Aditya Irfan / Deni Irawan

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Copyright 2022 © National Library Of Indonesia

Jumlah pengunjung