Perpustakaan Nasional RI dan Kementerian Perhubungan Jalin Komitmen dalam Penyelenggaraan Perpustakaan dan Pemberdayaan Literasi pada Sektor Transportasi

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jakarta, 11 November 2023 - Pada hari Kamis, 11 November 2023, Hotel Pullman Central Park Jakarta Barat menjadi saksi dari acara penting penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional RI yang diwakili oleh Adin Bondar selaku Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, dan Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Novie Riyanto.

MoU yang ditandatangani hari ini berfokus pada peningkatan penyelenggaraan perpustakaan di lingkungan Kementerian Perhubungan. Kesepakatan bersama ini diharapkan dapat memajukan sektor perpustakaan di lingkungan Kementerian Perhubungan selama 3 tahun ke depan.

Ruang lingkup yang disepakati dalam MoU ini meliputi :

a. Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Teknologi Perpustakaan: Dalam kerangka ini, upaya akan dilakukan untuk meningkatkan kualifikasi dan keterampilan para pegawai perpustakaan, serta mengadopsi teknologi terkini dalam penyelenggaraan perpustakaan.

b. Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi: MoU menekankan pada peningkatan kualitas dan jumlah koleksi bahan pustaka, serta pelayanan informasi yang diberikan kepada pengguna.

c. Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan: Fokus pada pengembangan fisik dan teknologi perpustakaan, termasuk peningkatan fasilitas dan infrastruktur.

Selain penandatanganan MoU, Perpustakaan Nasional RI juga melakukan serah terima POCADI (Pojok Baca Digital) secara simbolis kepada Kementerian Perhubungan. POCADI ini akan ditempatkan di Terminal Leuwi Panjang Bandung dan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang sebagai upaya meningkatkan akses literasi di lokasi strategis. Serah terima ini menandai komitmen bersama dalam memajukan pengetahuan dan literasi di masyarakat, khususnya di sektor transportasi. Selain itu sebagai bentuk nyata Kementerian Perhubungan menggerakkan literasi masyarakat, Perpustakaan Badan Kebijakan Transportasi telah mendapat Akreditasi A dari Perpustakaan Nasional RI. Diharapkan, dengan adanya kolaborasi ini akan memberikan dampak positif dalam pengembangan perpustakaan dan literasi di lingkungan Kementerian Perhubungan serta masyarakat luas.

Reporter : Syifa Azka L.

Fotografer : Prakas Agrestian

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Copyright 2022 © National Library Of Indonesia

Number of visitor: NaN