Tingkatkan Indeks Literasi, Perpusnas Jalin Kerja Sama dengan 10 Perguruan Tinggi di Sumbawa

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Sumbawa, NTB - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan 10 Perguruan Tinggi di Kabupaten Sumbawa.

Penandatanganan nota kesepakatan ini dilakukan langsung oleh Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando pada acara Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Kabupaten Sumbawa pada Rabu, (6/10/2021).

"Untuk meningkatkan literasi diperlukan kerja sama dengan komponen bangsa untuk mencerdaskan anak bangsa. Sinergi ini dapat mempercepat peningkatan literasi dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)," ujar Syarif Bando.

Sebagaimana penjabaran visi Presiden Joko Widodo tentang kualitas SDM, lanjut Syarif, disebutkan manusia unggul adalah manusia yang menguasai ilmu pengetahuan, mampu menciptakan lapangan kerja dan mampu meningkatkan income per kapita.

"Kita semua masih awam tentang literasi ketika literasi justru merupakan percaturan global saat ini," lanjutnya.

Syarif Bando menjelaskan, di awal kemerdekaan, literasi dipahami sebagai kemampuan mengenal huruf, mengenal kata, kalimat dan hubungan sebab akibat. Namun pemahaman konsep literasi saat dijabarkan melalui lima tingkatan literasi. Dimana pada literasi tertinggi yakni tingkat kemampuan menciptakan barang dan jasa yang bermutu yang bisa dipakai dalam kompetisi global.

"Akhir dari percaturan global hanya ada satu yakni siapa neara yang akan keluar sebagai pemenang maka negara itu harus memastikan sebagai negara produsen. Dan negara yang akan jatuh sebagai negara pecundang adalah negara konsumen," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Sumbawa Mahmud Abdullah berharap dengan kerja sama ini indeks literasi masyarakat di Kabupaten Sumbawa meningkat. Karena saat ini indeks literasi di Sumbawa berada di angka 5,177 dan masuk dalam kategori rendah.

"Ini menjadi tantangan kita ke depan bagaimana indeks literasi ini bisa ditingkatkan. Dengan kerja sama ini diharapkan dapat berpengaruh pada indeks literasi. Mengingat perpustakaan memiliki peran penting di masyarakat, perpustakaan sebagai jantung pendidikan," ujar Mahmud.

Sepuluh perguruan tinggi yang menjalin kerja sama diantaranya, Universitas Teknologi Sumbawa, Universitas Samawa, Universitas Cordova, STKIP Taman Siswa Bima, STKIP Paracendikia NW Sumbawa, STKIP Yapis Dompu, STIH Muhammadiyah Bima, STIE Bima, STA Islam Nahdlatul Wathan Samawa Sumbawa, dan Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Bima.

Acara dirangkaikan dengan pengukuhan Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviani sebagai Bunda Literasi Kabupaten Sumbawa 2021-2024.

Dalam kesempatan itu diserahkan secara simbolis bantuan Pojok Baca Digital (POCADI) untuk Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu, Kabupaten Sumbawa Barat.

 

Reportase : Wara Merdeka

Fotografer : Prakash Agrestian

 

 

 

 

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Copyright 2022 © National Library Of Indonesia

Number of visitor: NaN