Kaperpusnas Berikan Kuliah Umum di Universitas Hanzamwadi: Perguruan Tinggi dan Perpustakaan Ciptakan Manusia Unggul

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Lombok Timur - Perguruan Tinggi dan perpustakaan memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan manusia unggul. Manusia unggul adalah manusia yang secara nyata menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Demikian yang disampaikan Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando dalam kuliah umum penguatan literasi dihadapan civitas akademika Universitas Hanzamwadi, Sabtu (19/3) bertempat di Auditorium Sirzam, Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat.

"Betapa pentingnya perguruan tinggi dan perpustakaan untuk menciptakan manusia yang unggul. Kehadiran perpustakaan amat penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas," tegas Kaperpusnas. Lebih lanjut, Syarif menambahkan bahwa manusia yang unggul ditandai oleh dua hal penting yaitu manusia yang dapat memberikan jawaban penyelesaian yang tepat atas semua tantangan yang terbentang dihadapannya dan keluar sebagai pemenang serta manusia yang memiliki ilmu pengetahuan, keterampilan dan inovasi yang tinggi sehingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan.

Dalam stadium generale yang mengusung tema "Penguatan Literasi di Lingkungan Yayasan Pendidikan Hamzanwadi Pondok Pesantren Darunahdlatain NWDI Pancor" ini, Syarif mensyaratkan berpikir kreatif, penuh inovasi, dan memiliki ide-ide brilian agar mampu mengolah kekayaan sumber daya alam yang dimiliki. "Tidak selamanya alam yang melimpah mampu mensejahterakan jika kondisi masyarakatnya malas, mudah menyerah, dan tidak berkualitas," tegasnya.

Dalam kesempatan ini Kaperpusnas yang juga sebagai Ketua Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) menyampaikan ucapan selamat kepada masyarakat Lombok Timur khususnya dan Provinsi Nusa Tenggara Barat atas terpilihnya TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid sebagai satu-satunya Pahlawan Nasional asal NTB karena perjuangannya dalam merebut dan mengisi kemerdekaan Indonesia. Bagi masyarakat Lombok khususnya dan NTB pada umumnya, pendiri organisasi Nahdlatul Wathan (NW) ini merupakan sosok ulama karismatik yang cukup berpengaruh.

Reportase: Edi Wiyono (Humas Perpusnas)
Photografer: Dok.Universitas Hanzamwadi

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN