Pentingnya Peran Perempuan Sebagai Seorang Pemimpin

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Salemba, Jakarta- Dalam studi dikatakan bahwa jabatan tinggi perempuan di eksekutif lebih efektif daripada legislatif. Artinya pengaruhnya secara langsung terjadi ketika ada peran atau tangan perempuan di tingkat eksekutif. Maka keberadaan perempuan untuk menangani, memimpin, dan mengelola itu menjadi sangat sangat penting sekali.

Hal tersebut disampaikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan saat memberikan sambutannya pada acara Kelas Kepemimpinan ASN Perempuan yang digelar Ikatan Pimti Perempuan Indonesia sebagai peringatan Hari Ibu di Perpustakaan Nasional, Jumat (3/12/21).

“Pada kesempatan ini saya ingin mengajak untuk memberi dorongan kepada sebanyak-banyaknya rekan-rekan putri kaum perempuan kita untuk berada pada barisan kepemimpinan politik, eksekutif, atau di jajaran eksekutif pada jabatan pimpinan tinggi,” imbuhnya.

Siti mengajak untuk mempersiapkan generasi muda Indonesia, para pimpinan tinggi perempuan Indonesia di masa yang akan datang.

Dalam acara yang digelar secara hybrid tersebut menghadirkan narasumber yang membagikan kisah dan pengalaman menduduki jabatan tinggi. Yaitu Direktur Pertamina, Nicke Widyawati, Staf Ahli Bidang Penerimaan Negara Kementerian Keuangan, Oza Olavia, Jaksa Agung Muda Perdata Dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung Periode 2017-2019, Loeke Larasita Agoestina, Sekretaris Utama LAN, Reni Suzana, Kepala Balitbang Hukum dan HAM Kemenkumham, Sri Puguh Budi Utami, dan Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Pusat dan Dearah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Winarni Dien Monoarfa,

Direktur Pertamina, Nicke Widyawati menceritakan perempuan-perempuan di Pertamina tidak hanya bekerja dan melaksanakan kewajiban tapi juga didukung untuk bisa berkontribusi memimpin dan mengambil peran dalam pengambilan keputusan.

“Bagaimana saya harus mampu membawa Pertamina menjadi yang terdepan dan hadir untuk bangsa dan negara ini bukan perkara mudah tentunya. Tapi tidak mustahil mampu beradaptasi dengan cepat adalah salah satu kunci yang dapat mengantarkan perempuan untuk menorehkan prestasi lebih Gemilang,” ungkapnya.

Nicke menjelaskan dirinya menjalankan kepemimpinannya dengan menggunakan prinsip mother value di mana dia menjalankan kewajiban pimpinan seperi seorang ibu. Yaitu dengan sebagai mentor yang harus obyektif, trustworthy, helpful, encouraging, responsible.

Reportater: Eka Purniawati

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN