Kepala Perpusnas Kunjungi Perpustakaan Poltekad Kodiklatad

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Batu, Jawa Timur—Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando melakukan kunjungan ke Perpustakaan Politeknik Angkatan Darat (Poltekad Kodiklatad) di Kota Batu, Jawa Timur.

Kunjungan dilaksanakan pada Jumat, 4 Februari 2022. Kepala Perpusnas diterima Komandan Poltekad Kodiklatad, Brigjen TNI Nugraha Gumilar, meninjau sarana dan prasarana perpustakaan yang memiliki tiga lantai tersebut. Dalam kunjungan tersebut juga dilakukan diskusi untuk meningkatkan fasilitas layanan Perpustakaan Poltekad Kodiklatad.

Adapun layanan yang ditinjau adalah ruang pertemuan Ganesha di lantai 1, dilanjutkan ke lantai 2 yang memiliki layanan sirkulasi dan koleksi umum, serta layanan referensi, rujukan, dan alat peraga alutsista militer.

Di lantai 3, Kepala Perpusnas dan Komandan Poltekad Kodiklatad mengunjungi layanan audiovisual dan multimedia serta layanan ruang baca dan belajar pemustaka. Saat mengunjungi layanan audiovisual dan multimedia, Kepala Perpusnas berinteraksi dengan salah satu mahasiswa yang mengakses layanan referensi Perpusnas, e-Resources.

Sebelum mengakhiri kunjungan, Kepala Perpusnas menuliskan pesan dan kesannya di buku tamu. Kepala Perpusnas mengapresiasi komitmen pimpinan dan pemanfaatan perpustakaan yang dinilai sudah sangat baik. Dia berharap agar Perpustakaan Poltekad meningkatkan kerja sama dengan lembaga pemerintah dan swasta.

Dalam kunjungan tersebut, Kepala Perpusnas didampingi Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Deni Kurniadi dan Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca, Adin Bondar. Sementara Komandan Poltekad Kodiklatad didampingi Dirbinlitjianbang Kol. Inf. R. Raja Sulung Purba, Kepala Perpustakaan Prijo Poedjianto, dan pejabat terkait.

Perpustakaan Poltekad yang berlokasi di Jalan Raya Anggrek, Desa Pendem, Kota Batu, Jatim ini memiliki luas keseluruhan mencapai 1.508 meter persegi. Perpustakaan mempunyai visi sebagai pusat penyebaran informasi yang berbasis teknologi informasi guna mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI Angkatan Darat dan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Perpustakaan Poltekad memiliki sejumlah layanan digital di antaranya Layanan Kopral atau Layanan konsultasi dan penelusuran referensi secara online, Layanan buku elektronik terbuka, dan Layanan tugas akhir mahasiswa. Selain itu, Perpustakaan Poltekad berinovasi dan berkreasi dengan mendirikan Rumah Belajar Nusantara yang terletak di jalan Muharto, Kota Batu, Jawa Timur serta mendonasikan buku-buku bacaan untuk anak. 

Reporter: Hanna Meinita

 

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Copyright 2022 © National Library Of Indonesia

Number of visitor: NaN