Paradigma Perpustakaan Harus Berubah

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Medan Merdeka Selatan, Jakarta – Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI Muhammad Syarif Bando menegaskan paradigma perpustakaan saat ini harus berubah. Perpustakaan tidak lagi hanya deretan buku tetapi perpustakaan harus dapat mentransfer ilmu pengetahuan.

Demikian disampaikannya saat menerima kunjungan Bupati Morowali Utara, Bupati Lombok Barat, Pj Bupati Kepulauan Sangihe, Pj Bupati Kepulauan Tanimbar, Ketua DPRD Kabupaten Batang Hari, dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Nias, di Aula Gedung Layanan Perpusnas, Jumat (17/6/2022).

"Paradigma perpustakaan sudah berubah, peran perpustakaan pun tidak lagi sekadar manajemen koleksi dan ilmu pengetahuan saja. Tetapi bagaimana perpustakaan dapat mentransfer ilmu pengetahuan untuk masyarakat," ungkapnya.

Syarif Bando juga mengingatkan, lima tingkatan literasi yang perlu dipahami oleh para kepala daerah. Pasalnya, literasi tidak sebatas pada baca dan tulis, tetapi tingkatan akhir dari literasi adalah memciptakan barang dan jasa yang dapat bersaing di pasar global.

Sepakat dengan Syarif Bando, Bupati Morowali Utara, Delis Julkarson Hehi mengatakan, literasi tidak hanya baca dan tulis tetapi ujung tingkatan tertinggi dari literasi adalah memproduksi barang dan jasa yang bermanfaat.

"Tentunya ini mendorong dan memotivasi kami untuk bagaimana mengembangkan budaya literasi di kabupaten Morowali Utara. Dan terus mendorong supaya tingkatan literasi terakhir bisa dicapai," katanya.

Senada, Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid menyampaikan, pihaknya akan terus mendorong masyarakat agar menjadikan literasi sebagai gaya hidup. "Sebuah bangsa tidak mungkin mencapai kesejahteraan jika minim melakukan literasi, sehingga melalui pertemuan ini kami harap dapat berdiskusi bagaimana agar usaha kita membudayakan literasi dapat berhasil secara maksimal," tuturnya.

Pj Bupati Kepulauan Sangihe, Rinny Tamuntuan mengatakan, wilayah Kepulauan Sangihe sangat dekat dengan Negara Filipina. Menurutnya, masyarakat di Kabupaten Kepulauan Sangihe sangat membutuhkan untuk meningkatkan literasi, agar anak-anak di sana dapat meningkatkan diri dengan membaca.

Sedangkan, Pj Bupati Kepulauan Tanimbar Maluku, Daniel E. Indey mengakui, minat baca di Kabupaten Kepulauan tanimbar masih rendah. Maka pihaknya berharap adanya sinergi dengan Perpusnas untuk membangun literasi.

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Copyright 2022 © National Library Of Indonesia

Number of visitor: NaN