Perpusnas Susun Konten Potensi Wilayah di Indonesia

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Salemba, Jakarta—Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) mendukung Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022.

Saat ini, Perpusnas sedang menyusun konten potensi wilayah dari setiap kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Sekretaris Utama, Perpusnas, Ofy Sofiana, menyatakan pengumpulan informasi mengenai kabupaten/kota tersebut selanjutnya akan diunggah ke laman khusus.

Proses pengumpulan informasi disusun oleh pegawai Perpusnas, khususnya pustakawan, sejak awal 2022. Informasi yang ada tersebar dari berbagai sumber. Selanjutnya, konten yang sudah terkumpul, diverifikasi oleh tim khusus. Rencananya, informasi konten potensi wilayah akan dibuat dalam dua bahasa.

“Diharapkan apa yang kita buat dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Namun perlu disepakati rumusan bersama yang perlu dibuat dalam bahasa Inggris,” jelasnya di Perpusnas Salemba, Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Sementara itu, Koordinator Pustakawan Perpusnas, Dedi Junaedi, mengungkapkan sesudah proses verifikasi, masih dibutuhkan validasi dari pemerintah setempat. Dia menyebut, pembuatan laman dalam dua bahasa akan sangat mendukung Indonesia sebagai Presidensi G20.

Sebelumnya, pegawai Perpusnas yang disusun dalam tim khusus, juga sudah memproduksi video folklore dari 10 tujuan wisata yang menjadi prioritas pemerintah. Video-video tersebut sudah diunggah di kanal YouTube, Perpustakaan Nasional RI.

Kepala Pusat Data dan Informasi, Perpusnas, Taufiq Gani, menjelaskan, laman ini dapat menjadi perpustakaan referensi bagi Perpusnas. Oleh karena itu, pemutakhiran data menjadi hal yang sangat dibutuhkan.

“Untuk kesempurnaan memang data akan terus berubah karena data itu hidup. Kira harus rajin meremajakan,” ungkapnya.

Reporter: Hanna Meinita

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Copyright 2022 © National Library Of Indonesia

Number of visitor: NaN