Lantik Sestama dan Deputi, Kepala Perpusnas Inginkan Perpustakaan Terakreditasi dan Pustakawan Tersertifikasi

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Medan Merdeka Selatan, Jakarta—Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando melantik Woro Titi Haryanti sebagai Sekretaris Utama dan Deni Kurniadi Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan pada Jumat, (7/8). Pelantikan keduanya berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 128 tertanggal 30 Juli 2020. Sebelum menduduki jabatan baru, Woro Titi menjabat sebagai Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, dan Deni Kurniadi menjabat sebagai  Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca.

Dalam arahannya, Kepala Perpusnas meminta pejabat terlantik untuk sama-sama memperhatikan amanah karena tugas, tantangan, dan konsekuensi akan semakin berat. “Pastikan program kerja berlanjut. Regulasi harus dipahami. Aturan-aturan teknis yang sifatnya makro ataupun mikro segera didistribusikan ke seluruh stakeholder di daerah,” ujarnya.

Patut dipahami juga bahwa sejatinya semua pemangku kepentingan disini adalah pembantu Presiden di bidang pengembangan perpustakaan di Indonesia, selain soal literasi dan pembudayaan kegemaran membaca. Sehingga menjadi tanggung jawab bersama bagaimana seluruh perpustakaan yang ada di Indonesia bisa terakreditasi dan tenaga pustakawannya tersertifikasi, tambah Syarif Bando.

Setiap tindakan memiliki konsekuensinya. Tidak bisa hanya berpikir situasional saja tetapi harus sistematis. Gerakkan semua anggota tim. Maksimalkan semua potensi sumber daya manusia yang dimiliki. Setiap pemimpin adalah seorang agen perubahan (agent of change). “Jadi, tidak cukup merubah perilaku melainkan juga mind set,” terang Kepala Perpusnas

Secara khusus, Kepala Perpusnas meminta kepada Sestama untuk mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang telah diraih Perpusnas secara empat kali berturut-turut selama 2016-2019. Penilaian dari Ombudsman pun wajib diperbaiki.

Sedangkan, kepada Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Kepala Perpusnas meminta disiapkan para koordinator untuk persiapan struktur organisasi dan tata kerja (SOTK) baru di unit kedeputiannya.   

 

Reporter : Hartoyo Darmawan
Fotografer : Rd Radityo

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN